Monday, November 23, 2015

PEMERIKSAAN HASIL LAS DAN CARA MEMPERBAIKI KERUSAKANNYA


Pemeriksaan Hasil Las Dan Cara Memperbaiki Kerusakannya
Semua pekerja las termasuk last ungsten atau TIG pasti menginginkan hasil lasnya adalah hasil maksimal, dengan alur dan sambungan yang baik. Namun tidak dapat dipungkiri akan terjadi beberapa kesalahan pengelasan yang sebagian besar kualitas las yang jelek banyak dipengaruhi oleh 3 hal yaitu busur yang tidak stabil, terjadi inklusi tungsten di dalam las, dan adanya keropos. Pengelasan dengan busur yang tidak stabil dapat diakibatkan oleh beberapa hal yang meliputi kawat las kotor terkontaminasi dengan logam bahan dasar, jarak sambungan terlalu sempit, diameter kawat las terlalu besar, dan busur terlalu panjang.
Untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan cara bersihkan ujung kawat las yang kotor jika masih mungkin, jika tidak memungkinkan maka potonglah pada bagian yang terkontaminasi dan gerinda lagi, sambungan yang terlalu sempit dapat dipecahkan dengan pelebaran kampuh atau mendekatkan busur kawat las pada benda kerja, jarak busur yang terlalu jauh dapat didekatkan dengan benda kerja yang akan disambung  Inklusi tungsten di dalam las diakibatkan oleh ujung kawat las yang retak akibat penggunaan, dan diameter kawat las yang besar dapat ditukar dengan diameter yang lebih kecil. Juga gunakanlah jenis kawat las tungsten yang tidak getas. Adanya keropos biasanya diakibatkan oleh penggunaan gas lindung yang tidak murni, dan terdapat lapisan minyak di permukaan pelat. Solusi untuk mengatasi hal tersebut lebih baik jika menggunakan gas lindung dengan kemurnian 99,99% dan jangan lupa bersihkanlah terlebih dahulu lapisan minyak atau kotoran yang lain sampai bersih sebelum dilas. Juga Usahakan tidak mengelas permukaan yang basah.

KAWAT LAS MAINTENANCE EDZONA

Pemilihan kawat las yang tepat adalah salah satu faktor penting hasil las yang maksimal, apalagi untuk pengelasan maintenance mesin. Karena mesin adalah aset perusahaan yang jika terjadi kerusakan maka akan dapat menghambat proses produksi dan jika terlalu lama maka akan mengakibatkan kerugian perusahaan. Kawat Las Maintenance yang tepat untuk perawatan dan perbaikan mesin-mesin adalah Kawat Las EDZONA.

No comments:

Post a Comment