Friday, August 7, 2015

PERBAIKAN PROPELER

Perbaikan Propeler ok
Baling-baling atau disebut propeler adalah kitiran yang berfungsi untuk membantu menjalankan kapal atau pesawat terbang. Baling-baling propeler ini memindahkan tenaga dengan cara konversi gerakan-gerakan rotasi menjadi daya dorong penggerak misalnya pada transportrasi pesawat terbang, kapal, kalam selam. Gara dorong pada propeler untuk melalui suatu masa seperti udara, air dengan memutar dua atau lebih bilah dari poros utama/ Bilah-bilah ini berfungsi sebagai sayap yang berputar. Kemudian memproduksi gaya dan menghasilkan beda tekanan antara permukaan belakang dan depan bilah.

JENIS PROPELER

Jenis baling-baling terdiri dari [1] Fixed Pitch Propellers – FPP adalah propeler yang secara umum sudah tepat jenis rancangan dan ukurannya, baik itu untuk baling-baling perahu motor yang kecil hingga untuk kapal tangki yang berukuran besar. [2] Controllable Pitch Propellers – CPP : propeler untuk kebutuhan yang lebih tinggi untuk pengaturan dalam operasional yang harus lebih fleksibel dari pada kebutuhan efisiensi propulsi pada saat kondisi servis.  [3] Contra-rotating propellers  : propeler yang mempunyai dua-coaxial propellers yang dipasang dalam satu sumbu poros, kemudian secara tersusun satu didepan yang lainnya dan berputar saling berlawanan arah. [4] Overlapping Propellers adalah konsep dua propeller tidak dipasang atau diikat secara coaxially, tapi masing-masing propeller memiliki sumbu poros pada sistem perporosan yang terpisah. Sistem propeler ini masih jarang diaplikasikan. Dan masih terdapat beberapa jenis alat pendorong lain

KERUSAKAN PROPELER

Kerusakan pada mesin tentunya hal yang tidak diinginkan olen para pekerja industri, termasuk industri kapal dan pesawat. Selama ini terjadi  kerusakan yang diakibatkan oleh korosi terutama dibidang industri khususnya industri perkapalan bidang kelautan. Ada banyak  kerugian karena adanya korosi sehingga perusahaan  mau tidak mau harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan peralatan. Kasus yang sering terjadi adalah korosi terjadi pada pipa, paku,  tanki, penyangga – pengangga tanki.  Korosi yang sering terjadi  adalah : uniform attack ( korosi merata), galvanic corrosion (korosi galvanis), biological corrosion ,pitting corrosion ( korosi sumur), crevice corrosion (korosi celah),  intergaranular corrosion (korosi antar butir ), erosion corrosion ( korosi erosi ), selective corrosion ( korosi pisah ), stress corrosion ( korosi tekanan ).

PERBAIKAN PROPELER

Baik untuk propeler yang sudah mengalami kerusakan atau belum , harus selalu dilakukan perawatan agar propeler dapat bekerja secara maksimal. Salah satu cara untuk perawatan dan perbaikan popeler adalah dengan pengelasan. Tentu pengelasan harus dilakukan dengan baik, faktor yang mempengaruhi adalah teknik pengelasan, material, dan penmilihan kawat las. Kawat las yng tepat untuk perbaikan propeler ataupun mesin lainn adalah kawat las EDZONA. Kawat las EDZONAproduk kawat las switzerland tampil dengan kelengkapan tipe, material terbaik, pelayanan yang cepat dan memberikan garansi.
AWS : DIN 1732
El-Al Si 12 Mn 0.3 Al bal Rest
DC+
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Kawat las Edzona-AL 430 dapat digunakan untuk pengelasan semua jenis logam Aluminium murni atau Aluminium Alloy, deposite lasnya sangat baik dan halus, penetrasi pengelasan lebih dalam, tanpa porosity, endapan terak sangat tipis sehingga ekonomis, dapat digunakan tanpa preheating awal pada logam yang akan di las. Dapat digunakan untuk mereparasi ataupun perawatan Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller kapal, Bushing, Gear Bronze, Bejana tekan, Pipa Intercoller, Pelapis rumah pompa, Parts pada kimia dll.
E Cu Sn-C
Sn 8 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
BZ 320 untuk pengelasan Build up dan penyambungan logam Characteristic non ferro, Bronze, tembaga dan kuningan. Dapat digunakan penyambungan atau pelapisan logam yang berbeda Stainless Steel, Besi tuang dan Baja dengan hasil deposite las yang baik. Tahan terhadap zat kimia, abrasi Air Laut, mudah proses Machiningnya, dapat digunakan pada semua posisi pengelasan. Dapat diaplikasikan untuk mereparasi Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller kapal, Bushing, Gear Bronze, Bejana tekan, Pipa Intercoller, Parts pada kimia, dll.
E Cu Mn Ni Al
Al7 Mn13,5 Fe25 Ni2,2 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Edzona-BZ tahan terhadap keretakan. Mudah digunakan pada posisi vertical maupun overhead. Digunakan untuk pelapisan bronze, stainless-steel, besi cor, baja, serta kuningan atau penggabungan logam-logam tersebut diatas. Tahan bahan kimia dan karat. Deposit las yang halus dengan penetrasi yang dalam dan teraknya mudah dibersihkan. Sangat cocok untuk perbaikan komponen mesin yang terbuat dari bronze, kuningan, tembaga, stainless steel, baja, dan besi cor. Untuk perbaikan impeller pompa, propeller kapal dan bagian kapal yang lain.

AWS : DIN 1732
El-Al Si 12 Mn 0.3 Al bal Rest
DC+
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Kawat las Edzona-AL 430 dapat digunakan untuk pengelasan semua jenis logam Aluminium murni atau Aluminium Alloy, deposite lasnya sangat baik dan halus, penetrasi pengelasan lebih dalam, tanpa porosity, endapan terak sangat tipis sehingga ekonomis, dapat digunakan tanpa preheating awal pada logam yang akan di las. Dapat digunakan untuk mereparasi ataupun perawatan Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller kapal, Bushing, Gear Bronze, Bejana tekan, Pipa Intercoller, Pelapis rumah pompa, Parts pada kimia dll.
E Cu Sn-C
Sn 8 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
BZ 320 untuk pengelasan Build up dan penyambungan logam Characteristic non ferro, Bronze, tembaga dan kuningan. Dapat digunakan penyambungan atau pelapisan logam yang berbeda Stainless Steel, Besi tuang dan Baja dengan hasil deposite las yang baik. Tahan terhadap zat kimia, abrasi Air Laut, mudah proses Machiningnya, dapat digunakan pada semua posisi pengelasan. Dapat diaplikasikan untuk mereparasi Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller kapal, Bushing, Gear Bronze, Bejana tekan, Pipa Intercoller, Parts pada kimia, dll.
E Cu Mn Ni Al
Al7 Mn13,5 Fe25 Ni2,2 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Edzona-BZ tahan terhadap keretakan. Mudah digunakan pada posisi vertical maupun overhead. Digunakan untuk pelapisan bronze, stainless-steel, besi cor, baja, serta kuningan atau penggabungan logam-logam tersebut diatas. Tahan bahan kimia dan karat. Deposit las yang halus dengan penetrasi yang dalam dan teraknya mudah dibersihkan. Sangat cocok untuk perbaikan komponen mesin yang terbuat dari bronze, kuningan, tembaga, stainless steel, baja, dan besi cor. Untuk perbaikan impeller pompa, propeller kapal dan bagian kapal yang lain.


Sumber : http://kawatlas.jayamanunggal.com/perbaikan-propeler/