TENTANG KERETA API
Kereta api yang merupakan salah satu transportrasi ini, masih menjadi favorit bagi penumpang yang dapat mengangkut penumpang ataupun barang dalam jumlah banyak sekaligus. Kereta api merupakan trsnaparotrasi yang terdiri dari lokomotif dan gerbong yang berjalan di atas rel dengan jalur yang sudah diatur atau direncanakan. Lokomotif sebagai penggerak yang menarik rangkaian gerbong. Terdapat 3 jenis rangkaian lokomotif yaitu lokomotif uap yang tenaganya dari pembakaran air di ketel, lokomotif diesel yang berasal dari mesin tenaga diesel, lokomotif listrik yang menggunakan tenaga listrik.
PERAWATAN KERETA API
Untuk perawatan kereta api, terdapat tempat untuk melakukan perawatan secara rutin, dan sebagai tempat untuk perbaikan ringan kereta api, yaitu Depo kereta api. Perawatan yang dilakukan secara rutin adalah pemeriksaan harian termasuk pembersihan dan pencucian kereta api. Fasilitas depo kereta api, terdiri dari pencucian kereta, inspeksi terjadwal, pemeliharaan harian, jalur stabling untuk parkir kereta, perbaikan ringan kereta
PERAWATAN HARIAN KERETA API
Perawatan Harian Kereta Api terdiri dari :
- Memeriksa bahan bakar, pemdingin, dan cairan hidraulik kereta api
- Memeriksa diagnoda komputer berdasarkan unjuk kerja.
- Melakukan identifikasi sedini mungkin kemungkinan kerusakan
- Menindak lajuti laporan harian masinis dengan cepat
INSPEKSI TERJADWAL
Inspeksi terjadwal terdiri dari :
- Melakukan pemeriksaan terjadwal terhadap komponen agar permasalahan teridentifikasi sebelum kerusakan terjadi pada saat operasi.
- mempertimbangkan jadwal berdasarkan skala ekonomi.
- Melakukan inspeksi pada saat di luar jam sibuk
- Mengatur penjadwalan berdasarkan jarak tempuh atau waktu operasi kereta api, misalnya setelah jarak tempuh 1500 km, 6,000km, dan sebagainya
PENGGANTIAN SUKU CADANG PREVENTIF
Adalah penggantian suku cadang sebelum kerusakan, terdiri dari :
- Melakuka pergantian suku cadang berdasarkan jarak tempuh atau kondisi perangkat kereta api
- Mengganti suku cadang tertentu kegagalan operasi terjadi
- Biasanya dikaitkan dengan inspeksi terjadwal
PERAWATAN TIDAK TERJADWAL
- Perbaikan kereta api dilakukan setelah terjadi kegagalan perangkat kereta api
- Perawatan preventif tidak terjadwal adalah mengganti perangkat kerta api yang rusak untuk menghindari gagal operasi.
KAWAT LAS UNTUK KERETA API
Kereta Api adalah alat transportrasi terbuat dari besi, baja, aluminium, dan logam lainnya. Untuk melakukan perawatan kereta api, pengelasan menggunakan kawat las Edzona adalah pilihan yang tepat. Misalnya kawat las Edzona 210 dengan spesisfikasi :
C 0.6 Si 0.5
Mn 14 Cr 14
130 % Recovery
DC+/AC
Hardness : 250 HB – 450 HB, Hardness After Work
Diameter : 3,20 – 4,00
Kawat Las Hardfacing Edzona-210 adalah kawat las hardfacing lapisan keras dengan kandungan Manganese diatas 14%. Tahan terhadap gesekan yang sangat kuat sekalipun. Untuk perbaikan, penyambungan dan pelapisan benda-benda yang dirancang tahan gesekan. Terhindar dari keausan akibat gesekan logam dengan logam atau logam dengan benda abrasif lainnya. Tahan benturan tanpa lepas.
C 0.6 Si 0.5
Mn 14 Cr 14
130 % Recovery
DC+/AC
Hardness : 250 HB – 450 HB, Hardness After Work
Diameter : 3,20 – 4,00
Kawat Las Hardfacing Edzona-210 adalah kawat las hardfacing lapisan keras dengan kandungan Manganese diatas 14%. Tahan terhadap gesekan yang sangat kuat sekalipun. Untuk perbaikan, penyambungan dan pelapisan benda-benda yang dirancang tahan gesekan. Terhindar dari keausan akibat gesekan logam dengan logam atau logam dengan benda abrasif lainnya. Tahan benturan tanpa lepas.