MANIFOLD
Manifold merupakan sekumpulan beberapa valve yang diatur untuk mengatur aliran masuk fluida ke header dan separator yang dikehendaki. Pada industri minyak dan gas bumi, terdapat proses surface facility adalah agar minyak atau gas bumi bisa dialirkan dan diproses setelah minyak atau as tersebut berhasil diangkat dari dasar sumur kemudian menuju permukaan. Biasanya, pengelompokan surface facility dimulai dari peralatan setelah kepala sumur (wellhead) kemudian terdapat flowline dan manifold.
Factor yang mempengaruhi desain manifold :
- Banyak header
- Tipe valve
- Tekanan Kerja
- Sumur yang dihubungkan ke tiap-tiap manifold
FUNGSINYA JENIS MANIFOLD
Menurut fungsinya Jenis manifold adalah :
- Test Manifold. Test Manifold yang untuk melakukan test produksi suatu sumur tanpa menggangu produksi sumur lainnya, yang kadang arah aliran fluida dari sumur di arahkan ke test separator.
- Arrival manifold. Manifold untuk pengumpul fluida produksi dari berbagai sumur. Selanjutnya dikirim ke unit pemisahan untuk suatu treatment dan pengukuran. Arrival manifold di buat untuk mengumpulkan minyak dari berbagai areal yang selanjutnya akan di dialirkan ke :test separator, production separator, burning pit , tank
- Manifold Production. Manifold Production sebagai bagian operasi normal dari proses produksi dimana arah aliran fluida dari sumur diarahkan ke production separator.
JENIS SYSTEM MANIFOLD
Beberapa System manifold :
- Individual Well Flow line. sistem ini dijumpai pada lapangan minyak dan gas yang kecil dengan flowline dari tiap sumur langsung dihubungkan dengan station pengumpul melalui test manifold tatu production header.
- Satelite Production Manifold. Dijumpai pada lapangan minyak dan gas yang luas. Production Lateral yaitu flow line yang cukup pendek dari tiap sumur dihubungkan dengan pusat pengumpul minyak dan gas dengan menggunakan pipa yang lebih besar yang biasa dan juga dihubungkan dengan test line. hal tersebut ditujukan untuk menghindari individual flow lines yang sangat panjang sehingga menyebabkan pressure drop yang besar. Sistem ini dilapangan sebenarnya sistem-sistem dapat dimodifikasi.
KAWAT LAS PERBAIKAN PERAWATAN MANIFOLD
Agar manifold tetap dapat digunakan dengan maksimal, maka perlu dilakukan perawatan dengan baik dan juga dilakukan perbaikan dengan cara pengelasan. Kawat Las Perbaikan Perawatan Manifold juga reparasi, maintenance yang bagus adalah kawat las EDZONA.
Kawat Las Cast Iron Edzona 90
AWS E Ni Ni-Cl | AC/DC +/-
Diameter : 2,6 . 3,20 – 4,00
Hardness : 175 HB
Diameter : 2,6 . 3,20 – 4,00
Hardness : 175 HB
Kawat Las Cast Iron Edzona-90 adalah kawat las cast iron dengan inti nikel murni yang menghasilkan pengelasan bermutu tinggi. Tanpa pemanasan awal. Daya tutup yang tinggi, sehingga amat ekonomis tahan terhadap ampere yang tinggi tanpa rusak atau terbakar serta tidak akan terjadi undercut. Hasil las yang dengan temperatur rendah mengurangi resiko keretakan. Lunak, sehingga mudah dimachining. EDZONA-90 sangat cocok untuk pengelasan besi cor dengan kandungan karbon tinggi yang amat sulit di las, kawat las perbaikan perawatan manifold. Sangat baik untuk mereparasi engine block, Cylinder head, mesin-mesin dengan getaran tinggi, manifold, berbagai jenis cor termasuk yang digalvanis, penyambungan antara besi cor dan stainless-steel dan berbagai komponen lainnya yang terbuat dari besi cor.