Thursday, January 28, 2016

Perawatan Mesin Industri Kertas Dan Pulp


Perawatan Mesin Industri Kertas dan Pulp
Industri kertas dan pulp adalah industri dengan kagiatan mengolah kayu sebagai bahan dasar untuk memproduksi pulp, kertas, papan, dan produk berbasis selulosa  yang lain. Sedangkan untuk proses pembuatan kertas terdiri dari :
  1. Kayu awal dicacah sehingga menjadi serpih sebesar kotak korek api, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah pencerna merupakan tangki raksasa. Di dalam pencerna, kayu tadi diberi tekanan dan panas dan beberapa jam kemudian kayu akan berubah menjadi bahan lunak yang seperti kapas. Bentuk kapas inilah yang disebut bubur kertas atau pulp dan kertas Jalinan selulosa yang padat menjadi kertas.
  2. Jika proses di pencerna selesai, bubur kertas akan dicampur air. Bubur tersebut dengan kadar air 90% ini kemudian dilewatkan pada mesin yang disebut kotak kepala.
  3. Mesin Kotak kepala dengan tugas membentangkan bubur kertas yang berair tersebut di atas kawat merupakan sebuah ayakan bergerak. Ketika gilingan menekan bubur kertas ke kawat, maka sekitar 98% airnya akan terperas keluar.
  4. Kemudian proses serangkaian gilingan lain yang akan mengeluarkan hampir seluruh sisa air dari kertas yang mengering itu sehingga hanya tinggal sedikit sekali molekul air yang ada.
  5. Kertas yang baru saja terbentuk dilewatkan pada silinder tambahan yang dipanaskan dari dalam. silinder inilah yang akan mengeluarkan air lagi dari kertas yang berjalan.
  6. Jika serat selulosa telah menjadi jalinan yang saling terkait, gelendong besar yang disebut penggulung mengumpulkan kertas menjadi gulungan raksasa. Kemudian gulungan ini dipotong menjadi gulungan-gulungan kecil atau lembaran dan siap dikirim ke luar dari pabrik.
Proses pembuatan kertas di atas membutuhkan banyak mesin agar kegiatan produksi dapat berkalan cepat, lancar dan hasil maksimal. Misalnya mesin kompresi, crane, mesin kotak kepala, silinder, pemotong, dan sebagainya. Untuk mesin-mesin produksi kertas yang harus selalu beroperasi maka juga harus dilakukan perawatan dan perbaikan mesin dengan pengelasan. Kawat las yang tepat adalah kawat las EDZONA yang memang khusus digunakan untuk maintenance dan reparasi. Tipe kawat las yang cocok misalnya menggunakan kawat las EDZONA EDZOLITE-12 untuk pengelasan lapisan keras yang bersifat tajam, mengatasi korosi, benturan, abrasi tinggi, tahan oksidasi.

1 comment:

  1. iron-thrills - Titanium Hockey Chips - TITBI®
    Our Iron-Thrills Iron-Thrills Iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills ford edge titanium iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills 룰렛 게임 iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills 사설토토 iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills titanium fitness iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills iron-Thrills titanium eyeglass frames iron-Thr

    ReplyDelete