Baling-baling atau disebut propeler adalah kitiran yang berfungsi untuk membantu menjalankan kapal atau pesawat terbang. Baling-baling propeler ini memindahkan tenaga dengan cara konversi gerakan-gerakan rotasi menjadi daya dorong penggerak misalnya pada transportrasi pesawat terbang, kapal, kalam selam. Gara dorong pada propeler untuk melalui suatu masa seperti udara, air dengan memutar dua atau lebih bilah dari poros utama/ Bilah-bilah ini berfungsi sebagai sayap yang berputar. Kemudian memproduksi gaya dan menghasilkan beda tekanan antara permukaan belakang dan depan bilah.
JENIS PROPELER
Jenis baling-baling terdiri dari [1] Fixed Pitch Propellers – FPP adalah propeler yang secara umum sudah tepat jenis rancangan dan ukurannya, baik itu untuk baling-baling perahu motor yang kecil hingga untuk kapal tangki yang berukuran besar. [2] Controllable Pitch Propellers – CPP : propeler untuk kebutuhan yang lebih tinggi untuk pengaturan dalam operasional yang harus lebih fleksibel dari pada kebutuhan efisiensi propulsi pada saat kondisi servis. [3] Contra-rotating propellers : propeler yang mempunyai dua-coaxial propellers yang dipasang dalam satu sumbu poros, kemudian secara tersusun satu didepan yang lainnya dan berputar saling berlawanan arah. [4] Overlapping Propellers adalah konsep dua propeller tidak dipasang atau diikat secara coaxially, tapi masing-masing propeller memiliki sumbu poros pada sistem perporosan yang terpisah. Sistem propeler ini masih jarang diaplikasikan. Dan masih terdapat beberapa jenis alat pendorong lain
KERUSAKAN PROPELER
Kerusakan pada mesin tentunya hal yang tidak diinginkan olen para pekerja industri, termasuk industri kapal dan pesawat. Selama ini terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh korosi terutama dibidang industri khususnya industri perkapalan bidang kelautan. Ada banyak kerugian karena adanya korosi sehingga perusahaan mau tidak mau harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan peralatan. Kasus yang sering terjadi adalah korosi terjadi pada pipa, paku, tanki, penyangga – pengangga tanki. Korosi yang sering terjadi adalah : uniform attack ( korosi merata), galvanic corrosion (korosi galvanis), biological corrosion ,pitting corrosion ( korosi sumur), crevice corrosion (korosi celah), intergaranular corrosion (korosi antar butir ), erosion corrosion ( korosi erosi ), selective corrosion ( korosi pisah ), stress corrosion ( korosi tekanan ).
PERBAIKAN PROPELER
Baik untuk propeler yang sudah mengalami kerusakan atau belum , harus selalu dilakukan perawatan agar propeler dapat bekerja secara maksimal. Salah satu cara untuk perawatan dan perbaikan popeler adalah dengan pengelasan. Tentu pengelasan harus dilakukan dengan baik, faktor yang mempengaruhi adalah teknik pengelasan, material, dan penmilihan kawat las. Kawat las yng tepat untuk perbaikan propeler ataupun mesin lainn adalah kawat las EDZONA. Kawat las EDZONAproduk kawat las switzerland tampil dengan kelengkapan tipe, material terbaik, pelayanan yang cepat dan memberikan garansi.
Sumber : http://kawatlas.jayamanunggal.com/perbaikan-propeler/
AWS : DIN 1732
El-Al Si 12 Mn 0.3 Al bal Rest
DC+
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Kawat las Edzona-AL 430 dapat
digunakan untuk pengelasan semua jenis logam Aluminium murni atau Aluminium
Alloy, deposite lasnya sangat baik dan halus, penetrasi pengelasan lebih dalam,
tanpa porosity, endapan terak sangat tipis sehingga ekonomis, dapat digunakan
tanpa preheating awal pada logam yang akan di las. Dapat digunakan untuk
mereparasi ataupun perawatan Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller
kapal, Bushing, Gear Bronze, Bejana tekan, Pipa Intercoller, Pelapis rumah
pompa, Parts pada kimia dll.
E Cu Sn-C
Sn 8 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
BZ 320 untuk pengelasan
Build up dan penyambungan logam Characteristic non ferro, Bronze, tembaga dan
kuningan. Dapat digunakan penyambungan atau pelapisan logam yang berbeda
Stainless Steel, Besi tuang dan Baja dengan hasil deposite las yang baik. Tahan
terhadap zat kimia, abrasi Air Laut, mudah proses Machiningnya, dapat digunakan
pada semua posisi pengelasan. Dapat diaplikasikan untuk mereparasi
Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller kapal, Bushing, Gear Bronze,
Bejana tekan, Pipa Intercoller, Parts pada kimia, dll.
E Cu Mn Ni Al
Al7 Mn13,5 Fe25 Ni2,2 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Edzona-BZ tahan terhadap
keretakan. Mudah digunakan pada posisi vertical maupun overhead. Digunakan
untuk pelapisan bronze, stainless-steel, besi cor, baja, serta kuningan atau
penggabungan logam-logam tersebut diatas. Tahan bahan kimia dan karat. Deposit
las yang halus dengan penetrasi yang dalam dan teraknya mudah
dibersihkan. Sangat cocok untuk perbaikan komponen mesin yang terbuat dari
bronze, kuningan, tembaga, stainless steel, baja, dan besi cor. Untuk perbaikan
impeller pompa, propeller kapal dan bagian kapal yang lain.
AWS : DIN 1732
El-Al Si 12 Mn 0.3 Al bal Rest
DC+
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Kawat las Edzona-AL 430 dapat
digunakan untuk pengelasan semua jenis logam Aluminium murni atau Aluminium
Alloy, deposite lasnya sangat baik dan halus, penetrasi pengelasan lebih dalam,
tanpa porosity, endapan terak sangat tipis sehingga ekonomis, dapat digunakan
tanpa preheating awal pada logam yang akan di las. Dapat digunakan untuk
mereparasi ataupun perawatan Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller
kapal, Bushing, Gear Bronze, Bejana tekan, Pipa Intercoller, Pelapis rumah
pompa, Parts pada kimia dll.
E Cu Sn-C
Sn 8 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
BZ 320 untuk pengelasan
Build up dan penyambungan logam Characteristic non ferro, Bronze, tembaga dan
kuningan. Dapat digunakan penyambungan atau pelapisan logam yang berbeda
Stainless Steel, Besi tuang dan Baja dengan hasil deposite las yang baik. Tahan
terhadap zat kimia, abrasi Air Laut, mudah proses Machiningnya, dapat digunakan
pada semua posisi pengelasan. Dapat diaplikasikan untuk mereparasi
Propeller, Impeller, Sudut-sudut pompa, Propeller kapal, Bushing, Gear Bronze,
Bejana tekan, Pipa Intercoller, Parts pada kimia, dll.
E Cu Mn Ni Al
Al7 Mn13,5 Fe25 Ni2,2 Cu bal
DC+/AC
Diameter : 2,6 & 3,20 – 4,00
Edzona-BZ tahan terhadap
keretakan. Mudah digunakan pada posisi vertical maupun overhead. Digunakan
untuk pelapisan bronze, stainless-steel, besi cor, baja, serta kuningan atau
penggabungan logam-logam tersebut diatas. Tahan bahan kimia dan karat. Deposit
las yang halus dengan penetrasi yang dalam dan teraknya mudah
dibersihkan. Sangat cocok untuk perbaikan komponen mesin yang terbuat dari
bronze, kuningan, tembaga, stainless steel, baja, dan besi cor. Untuk perbaikan
impeller pompa, propeller kapal dan bagian kapal yang lain.
No comments:
Post a Comment